humaniora.id – Tim Trikarya Co-op dan of Indonesia menerima kunjungan Tim Global Web Drama Influencer Association asal Korea Selatan di kantornya, Jalan Ampera Raya No 123, Jakarta Selatan, Sabtu (28/01/2023).
Kunjungan tersebut dalam rangka menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Koperasi Trikarya dan PT Creative Communication of Indonesia.
Pihak Tim Global Web Korea Selatan dipimpin Mr Jang In Bo. Didamping Roy Kim Czo, John Lee, Jang Ju Sil, Lim Ji Hoon, Kim Nyoung Suk dan dan Mr Hong.
Sementara dari Tim Trikarya Coop diwakili Ketua Umum Trikarya, Budi Kurniadi dan PT Creative Communication diwakili CEO nya, Martin Rato Helmon.
Ketua Umum Trikarya, Budi Kurniadi mengungkapkan, bentuk kerjasama yang dijalin dengan pihak Tim Kreatif dari Korea Selatan terkait produk kreatif di bidang seni dan budaya.
“Koperasi ini (Trikarya, red) ini merupakan asset, karena kita bisa bisa mengumpulkan semua artis di Indonesia jadi kita punya segalanya anda butuh apa kami ada,” terang Budi Kurniadi kepada humaniora.id.
Untuk mewadahi kerjasama bisnis tersebut, papar Budi, pihaknya membuat korporasi yang dinamakan PT Creative Communication. Institusi ini nantinya dapat menjadi lembaga yang menaungi para pekerja seni, seperti penyanyi, aktor, sutradara, dan seniman lainnya.
PT Creative Communication focus pada industri kreatif, seperti pembuatan film, Hunting Talent, seni pertunjukan, dan banyak lainnya
“Suatu industri kreatif dan digital yang kita namakan In-Pop Indonesia. Jadi kalau Korea Selatan punya K-Pop kita punya In-Pop Insan Populer Indonesia,” terang Budi.
Budi berharap kerjasama dengan pihak Tim Global Web, karya kreatif Indonesia bisa lebih populer dan berkibar lagi di kancah Internasional.
“Parnert kami ini (Global Web) sudah canggih. Terutama di bisnis hiburan dan digital bisnis. Tentu banyak hal yang akan dikolaborasikan dengan mereka,” tandasnya.
Pada saat yang sama, CEO PT Creative Communication Indonesia, Martin Rato Helmon menjelaskan, bahwa PT Creative Communication selaku eksekutor dari apa yang diinginkan oleh Trikarya Co-op (Koperasi Trikarya).
Menurutnya, Trikarya selaku pemasok SDM dan Modal, sementara Creative Communication adalah yang menjalankan bisnis dan menjalin kerjasama dengan pihak luar.
Martin Rato Helmon menjelaskan, ada tujuh unit kerjasama yang akan dijalin dengan pihak Global Web Korea Selatan, yakni musik, film/drama, fashion, dance, Academy, tourism dan trading.
“Bulan Mei sampai Oktober kami akan buat semacam In-Pop seperti Indonesia Idol seluruh Indonesia. Pemenangnya akan syuting di Korea Selatan dan nyanyi dengan artis-artis Korea di bawah manajemen Mr Jang,” tutupnya.
Sementara itu, Mr Jang In Bo mengaku tertarik dan jatuh cinta dengan Indonesia saat pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia. “Orang Indonesia baik dan ramah,” kata Mr Jang In Bo.
Mr Jang In Bo mengaku tertarik dengan konsep koperasi yang dibangun Budi Kurniadi dan Martin.
“Saya tertarik karena usaha Trikarya bisa diintegrasikan dan dikolaborasikan dengan kami,” ucapnya dalam bahasa Korea yang diterjemahkan oleh Mr Hong.
Lebih lanjut, Mr Jang mengatakan, banyak ide-ide besar yang akan diwujudkan bersama. Salah satunya dalam pertukaran budaya dan teknologi khususnya dalam pembuatan film dan drama.
“Kerjasama movie dan drama dan merayakan kerjasama 50 tahun antara Korea Selatan dengan Indonesia,” tandasnya.
Mr Jang In Bo adalah sutradara dan pembuat film terkenal di negeri Ginseng di bawah bendera perusahaan Art dan Culture./*
Comments 1