humaniora.id – Direct Selling Training, 5 Langkah Presentasi. Dalam program Direct Selling Management Training (DSMT) penting setiap peserta training untuk menguasai keahlian atau keterampilan dalam melakukan presentasi.
Seperti apa langkah-langkahnya? mari perhatikan berikut ini.
5 Langkah Presentasi / 5 Steps Presentation
Ada lima langkah prosedur presentasi untuk pitching. Sebelum kita lanjutkan pembahasan, kita cari tahu dulu apa artinya pintching.
Pitching adalah hal yang dilakukan seseorang untuk meyakinkan orang lain. Dalam dunia bisnis, umumnya pitching menjadi kesempatan yang digunakan untuk meyakinkan “pelanggan” (calon klien, klien, partner bisnis, atau calon investor).
Langkah 1. Introduction / Pembukaan
Introduction atau pembukaan adalah perkenalan untuk pendahuluan kepada calon customer. Tujuan langkah pertama ini adalah untuk membangun keakraban dengan calon customer. Sehingga ketika calon customer sudah merasa nyaman dengan perkenalan kita tadi, maka kita dapat melanjutkan langkah berikutnya dengan mudah.
Dalam melakukan ‘introduction’ ini gunakan prinsip-prinsip berikut ini :
- Senyum, selalu awal dengan tersenyum karena dengan anda tersenyum lawan bicara anda merasa senang dan nyaman dengan anda.
- Kontak mata, sangat penting ketika anda berbicara dengan calon customer anda. Dengan kontak mata anda dapat melakukan kontrol terhadap calon customer anda.
- Excitement ( Bergairah ), orang-orang senang berbicara dengan lawan komunikasi yang bergairah dan penuh semangat. Oleh karena itu, ketika anda melalukan ‘introduction’ kepada calon pelanggan, pastikan diri anda sedang bergairah dan bersemangat.
Istilah prinsip tersebut di atas sering di kenal dengan prinsip S.E.X (Senyum, Kontak Mata dan eXcitement)
Langkah 2. Presentation / Presentasi
Setelah anda berhasil melakukan ‘introduction’ dengan baik, dan anda memperoleh kesempatan untuk melakukan presentasi. Maka tunjukan kemampuan terbaik anda dalam melakukan langkah kedua ini yaitu presentasi.
Dalam program direct selling management training, ada 2 hal yang penting anda lakukan dalam melakukan presentasi kepada calon pelanggan.
Kedua cara ini adalah :
- Show the Product and put it in the customer hands. Tunjukkan dan letakkan produk ketelapak tangan pelanggan, ini akan membantu psikologis calon pelanggan yaitu rasa memiliki terhadap produk.
- Clear and short when explaining the promotion, Jelas dan singkat ketika menjelaskan tentang promosi tersebut. Jangan bertele-tele dan panjang lebar, cukup hal-hal yang penting dan jangan membuat calon pelanggan menjadi bosan.
Langkah 3. Short Story / Cerita Pendek
Langkah ketiga adalah ‘short story’ atau membuat cerita-cerita pendek. Cerita pendek yang di maksud di sini adalah cerita yang singkat namun jelas untuk membuat calon pelanggan merasa penting untuk membeli produk yang anda tawarkan.
Ada beberapa metode dalam membuat cerita-cerita pendek, antara lain ;
- Use KISS principle (Keep It Short and Simply), Gunakan prinsip KISS (singkat dan jelas)
- Specialty Kekhususan,
- Greed Serakah
- Indifference Acuh tak acuh,
- Sense of Urgency Tergesa-gesa
Nanti kita akan bahas contoh-contoh cerita pendek masig-masing metode di atas.
Langkah 4. Close / Penutup
Langkah ke empat yaitu close (penutup), apa maksudnya? yaitu anda harus menutup presentasi atau ‘pitching’ anda dengan sebuah transaksi.
Untuk melakukan ‘close’ atau menutup presentasi dengan penjualan lakukan hal berikut ini :
- Close with full confidence Tutup dengan penuh keyakinan
- Gunakan teori “Fear of loss” atau Takut kehilangan
- Take contro atau Kendalikan
Langkah 5. Re-hash / Pengulangan
Bagaimana rasanya ketika anda mampu melakukan transaksi penjualan dan customer anda bersedia membeli produk yang lain? Tentu sangat senang bukan?
Nah, berikut ini hal-hal yang dapat membuat pelanggan anda membeli kembali atau membeli produk lainnya.
- Make sure that t he customer need to buy, the others already have, Pastikan bahwa pelanggan perlu membeli, karena yang lain sudah membeli
- Give idea as a present or give to their boss, family, friend, relatives, Berikan ide sebagai hadiah atau bingkisan untuk bos, keluarga, teman, saudara.
Penutup
Nah, demikian materi 5 langkah presentasi yang terdapat dalam sistem direct selling management training di Igma Institute.com. Uraian di atas adalah materi yang bersifat teori. Untuk membuat anda berhasil tentu hal yang paling penting adalah “take action”
Rata-rata orang berhasil menjadi expert atau atau berhasil mempraktekkan materi tersebut di atas bila sudah mengikuti pelatihan sekitar 3-6 bulan. Anda sudah bisa “make money”
Comments 2