humaniora.id – Cara Berbicara dengan Tim Anda.
Pejamkan mata Anda sesaat, bayangkan seorang bos terbaik yang pernah Anda miliki. Sekarang, bayangkan bos yang berburuk. Apa faktor yang membedakan mereka?
Kemungkinan besar, atasan terbaik Anda tidak hanya mencetak hasil yang baik, tetapi juga seorang komunikator yang baik.
Atasan yang baik mendapatkan kinerja terbaik dari karyawannya setiap hari, atau setidaknya membuat mereka merasa bahwa mereka mencapai potensi sempurnanya.
Namun, bagaimana melakukannya?
Dalam konteks artikel ini, pertanyaannya:
Bagaimana cara berkomunikasi yang tepat dengan karyawan Anda, dengan tim Anda?
Tidak ada satu pun jawaban yang universal. Setiap orang, setiap situasi, setiap perusahaan dan setiap hubungan itu berbeda.
Pada saat yang sama, kita semua tahu bahwa kita harus berbicara, langsung dan jelas.
Cara Berbicara dengan Tim Anda. Di terjemahkan kata-kata sifat itu ke dalam beberapa aturan.
1. Jangan Mengkritik
Mungkin ini terdengar mudah. Tentu saja, Anda harus mengevaluasi kinerja karyawan – itu tugas Anda.
Namun, jangan mudah mengkritik. Mulailah mendekonstruksi Anda siap untuk membantu tim. Usahakan selalu menggunakan kata “kita”. Terutama apabila tim Anda mengalami kekalahan.
2. Berikan Pujian (Tetapi Jangan Berlebihan)
Bijaksanalah dalam memberikan pujian, kalau tidak efeknya akan hilang. Jika Anda menyambut perilaku yang sudah diekspektasikan, berarti Anda menurunkan standar.
Apa pun itu, jangan memuji sekadar untuk menyenangkan.
3. Jangan Hanya Bicara
Tidak ada yang lebih hampa ketimbang kata-kata yang tidak di dukung dengan perbuatan.
Jika ketepatan waktu dan keramahan penting bagi Anda, maka bersikaplah tepat waktu dan ramah.
Tetapkan kecepatan, tunjukkan nilai-nilai, bangun suasananya. Jangan lupa, pilih arena Anda.
Tetapkan standar yang Anda anggap penting – atau yang menurut Anda penting secara umum.
Anda seharusnya mampu menegakkan standar yang penting bagi Anda, dan jika ada standar yang menurut Anda penting, tetapi sulit di tegakkan, maka Anda harus mempelajarinya sendiri.
Sampaikan hal ini pada karyawan Anda. Tidak ada orang yang sempurna dalam segala hal.
Sebagai pemimpin, jadikan diri Anda terbiasa dengan ide bahwa Anda bertanggungjawab untuk menyuplai energi. Dengan kata lain, memotivasi, memberi saran, menstabilkan, menyediakan momentum – dan biarkan orang lain bersinar.
Demikian artikel, Cara Berbicara dengan Tim Anda, semoga bermanfaat.