Humaniora.id, Jakarta, 16 Desember 2024 – Dalam upaya memperkuat perdagangan domestik, program BINA Diskon 2024 akan diluncurkan secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 20 hingga 29 Desember 2024. Inisiatif ini merupakan bagian dari Program BINA (Belanja di Indonesia Aja) yang bertujuan untuk meningkatkan potensi daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi di kuartal keempat tahun 2024.
Program ini melibatkan ratusan peritel, mulai dari brand lokal hingga internasional, serta UKM dan pusat perbelanjaan di seluruh nusantara. Kementerian Perdagangan memimpin pelaksanaan BINA Diskon, yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama HIPPINDO, mendapatkan dukungan luas dari Kementerian terkait lainnya serta pihak-pihak seperti POLRI, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Bank Himbari. Kemitraan dengan APPBI dan APRINDO juga memperkuat program ini.
Budihardjo Iduansjah, Ketua Umum HIPPINDO, menyatakan, “Program BINA Diskon di bulan Desember adalah langkah penting dalam mendorong gerakan belanja di Indonesia. Ini bukan hanya tentang diskon, tetapi juga tentang memperkenalkan produk Indonesia ke pasar global dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi domestik. Kami berharap inisiatif ini dapat menarik pengunjung, baik domestik maupun internasional, menjadikan Indonesia sebagai destinasi belanja yang menarik.”
Pembukaan BINA Diskon 2024 akan diadakan pada 20 Desember di Sarinah, dihadiri oleh Menko Perekonomian. Program ini tidak hanya menawarkan diskon menarik di mall, tetapi juga acara seperti Pasar Malam BINA yang bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta, menampilkan tenant F&B, bazaar UMKM, dan pertunjukan seni dari tanggal 20 hingga 22 Desember.
Wakil Menteri Perdagangan, Dyah Roro Esti Widya Putri, menekankan pentingnya program ini dalam mendukung produk lokal dan memberdayakan UMKM untuk menembus pasar internasional, serta meningkatkan daya beli masyarakat. Dengan melibatkan 380 perusahaan, 80.000 gerai, dan 800 merek, BINA Diskon diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja dan menjadi momen kebersamaan yang serupa dengan Black Friday di luar negeri.
Elisabeth Ratu Rante Allo, Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, mengatakan, “Kami mendukung penuh penyelenggaraan Night Market sebagai bagian dari Program BINA Diskon. Ini adalah kesempatan untuk memperkenalkan produk lokal dan memberdayakan usaha kecil agar mampu bersaing di pasar nasional dan internasional.”